Selasa, 09 Februari 2010

Paradigma Internal Audit

Perkembangan Paradigma Fungsi Internal Audit
Pandangan terhadap Internal Audit di masa lalu adalah sebagai pencari kesalahan atau “watchdog” yang ditakuti. Dengan tuntutan perkembangan dunia bisnis sekarang ini membuat fungsi Internal Audit dituntut lebih. Paradigma fungsi Internal Audit telah berkembang lebih dari sekedar pencari kesalahan tetapi merupakan perpanjangan mata, telinga, dan otak serta internal consulting dari top manajemen yang bekerja melalui pendekatan improvement-oriented yang bersifat forward looking.
Paradigma Intern Audit:
1. Polisi intern perusahaan
2. Fokus pada kepatuhan terhadap ketentuan/peraturan internal dan eksternal
3. Base on checklist
4. Static
5. Cost center
Paradigma modern Internal Audit:
1. Konsultan Intern perusahaan
2. Fokus terhadap risiko bisnis perusahaan
3. Meliputi seluruh aspek bisnis perusahaan
4. Kontribusi perbaikan perusahaan
5. Pencapaian tujuan perusahaan (supporting center)

Bagaimana Kegiatan Internal Audit seharusnya?
Pada bulan Juni 1999, the Institute of Internal Auditor (IIA) mendifinisikan internal audit sebagai kegiatan assurance dan konsultasi yang independen dan obyektif, yang dirancang untuk memberikan nilai tambah dan meningkatkan kegiatan operasi organisasi. Internal audit sebagai strategic partner membantu organisasi untuk mencapai tujuannya, melalui suatu pendekatan yang sistematis dan teratur untuk mengevaluasi dan meningkatkan efektivitas pengelolaan risiko, pengendalian intern dan proses governance.

Apa Manfaat Internal Audit Bagi Perusahaan?

Perkembangan fungsi internal audit sebagai konsultan intern membantu manajemen dalam mengidentifikasi risiko yang berpotensi menghalangi tercapainya tujuan perusahaan, melalui evaluasi risk management dan internal control structure. Selain itu membantu manajemen dalam mengevaluasi efektifitas kegiatan serta penggunaan sumber daya, termasuk mencegah penyimpangan/ kesalahan, ketidakpatuhan (compliance) dan fraud.

Bagaimana agar Internal Audit Dapat Membantu Manajemen?

Internal Auditor dapat berfungsi dengan baik bila didukung komitmen dan kesadaran dari top manajemen bahwa Internal Audit adalah strategic partner dalam pencapaian tujuan perusahaan. Selain itu diperlukan sumber daya, ketersediaan sarana kerja yang memadai serta profesionalisme, ethic dan kemampuan SDM untuk berfungsi sesuai dengan Standard Kerja Internal Audit guna menjaga mutu hasil pekerjaannya.

Jasa Internal Audit dari Konsultan Ekstern Perusahaan.
Seiring perkembangan paradigma dan fungsi internal audit, saat ini juga berkembang wacana internal audit outsourcing dan co-outsourcing, dimana perusahaan mempergunakan jasa konsultan eksternal untuk melaksanakan fungsi internal audit. Pertimbangan utamanya adalah independensi dan obyektivitas disamping murahnya biaya, profesionalisme, skill, pengalaman untuk benchmarking, serta transfer of knowledge terhadap perusahaan. Dengan pertimbangan tersebut, internal audit outsourcing lebih memberikan nilai tambah terhadap perusahaan sesuai dengan harapan yang diberikan kepada fungsi internal audit perusahaan. Informasi lebih lanjut mengenai internal audit services, dapat diperoleh melalui www.jtanzilco.com atau email ke roufique.it@jtanzilco.com.

0 komentar:

Poskan Komentar